HIDUPKU UNTUK NEGARAKU.

Hanya untukmulah seluruh yang aku dapatkan untuk membangun kemajuan negara kesayanganku yang selalu tercantum dalam jiwa dan ragaku ini, semoga perjuangan ini bermanfaat bagi negeriku. Rasa syukur saya panjatkan hanya kepdamu ya Allah swt dan bagi keluargaku SURRE TURUBUH semoga anakmu ini selalu menjadi yang terbaik didunia dan akhirat.....amin.
Powered By Blogger

08/01/10

WANITA PERTAMA YANG JADI JENDRALTNI AL.




Jakarta - Sepanjang sejarah TNI AL, hanya ada satu wanita yang menyandang bintang di pundaknya. Dialah Laksamana Pertama Christina M Rantetana, satu-satunya wanita yang menjadi perwira tinggi di tubuh TNI AL.

Christina saat ini bertugas sebagai Staf Ahli Menkopolhukam bidang Ideologi dan Konstitusi, sekaligus PLT Deputi 6 bidang Kesatuan Bangsa di kantor yang sama.
     
Wanita kelahiran Tanah Toraja 55 tahun lalu ini, bergabung bersama TNI AL melalui program sekolah perwira sukarela tahun 1979.

Berbagai penugasan pernah dijalani sarjana kesehatan masyarakat ini. Termasuk berkiprah di Senayan selama 2 periode di Fraksi TNI/Polri tahun 1997-1999, dan tahun
1999-2004. Pada periode inilah, ibu 5 anak tersebut menjadi sekretaris Fraksi TNI/Polri.

Pada tanggal 1 November 2002, Laksamana Bernard Kent Sondakh melantiknya menjadi perwira tinggi wanita pertama TNI AL.

"Saya bangga negara mempercayai saya. Tapi ini juga tantangan karena tugas perwira tinggi itu tidak ringan," ujar Christina usai perayaan HUT ke-47 Kowal di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2010).

Christina mengaku selalu bekerja keras dan terus bekerja cerdas. Menjadi seorang ibu, sekaligus seorang laksamana dengan tugas menumpuk tentu tidaklah mudah.

"Saya bagi skala prioritas. Kadang saya kerja malam-malam," terangnya.

Di HUT ke-47 Kowal, Christina melihat kultur yang ada di masyarakat kurang membuat wanita bisa berkiprah. Menurutnya, dalam pola pikir masyarakat, wanita
masih identik dengan konsumsi, protokoler, administrasi atau kesehatan.

"Ini kultur yang secara perlahan-lahan harus diubah. Di Australia, wanita sudah bisa bekerja di kapal selam," terangnya.

Christina pun berharap, suatu saat Kowal dapat bertugas secara reguler di kapal perang, atau menjadi bagian inti dari pasukan elit TNI AL seperti Denjaka dan Taifib.

"Why not?" tukas Master of Public Health, lulusan Tulane University, New Orleans, ini.

Sebagai langkah awal, Christina berharap Akademi Angkatan Laut (AAL) mau membuka kesempatan bagi remaja putri untuk mendaftar.

Menurutnya, sulit bagi wanita lulusan sarjana yang masuk melalui jalur untuk perwira karir bersaing dengan lulusan AAL, karena perbedaan spektrum penugasan.

Bukan tidak mungkin AAL membuka kesempatan bagi remaja putri. Karena Akademi Kepolisian pun sudah membuka kesempatan bagi wanita untuk menjadi taruna.

"Waktu itu pelantikan anak saya dari Akpol, saya beri selamat pada para taruna putri yang lulus. Saya bilang selamat, kalian hebat. Mereka bilang, ibu yang hebat sudah brigjen. Saya balas saya tidak bisa jadi KSAL, tapi kalian bisa jadi Kapolri karena lulusan Akpol," kisahnya.
(rdf/gus)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar: